Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.1 Mendeskripsi-kan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat | · Pengerti-an norma , kebiasa an dan adat istiadat. · Manfaat norma · Penting-nya norma dalam kehidup an bermasyarakat · Macam-macam norma · Sumber-sumber norma masyarakat. · Sanksi pelang-garan norma · Contoh norma dalam hidup bermasya-rakat | Mencari informasi dari berbagai sumber tentang norma-norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat Mengamati dan mendiskusikan manfaat dan pentingnya norma dalam kehidupaan masyarakat dan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat Membaca, Menelaah dan mengamti,sumber-sumber norma masyarakat. Mencari informasi dan mendiskusikan akibat tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku. Mengamati, mencermati dan mendiskusikan contoh norma dalam hidup bermasyarakat | · Menjelask an pengerti an norma, kebiasaan dan adat istiadat. · Menjelaskan manfaat norma · Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat · Menyebutkan macam-macam norma · Menyebutkan sumber-sumber norma-norma dalam masyarakat. · Menjelaskan sanksi pelanggaran norma · Memberikan contoh norma dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes lisan Tes lisan Tes lisan Tes tulis | Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda Tes Uraian Daftar per-tanyaan Daftar per-tanyaan Daftar pertanya-an Tes Uraian | Kaidah-kaidah untuk mengatur tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakat disebut …. a. aturan c. norma b. peraturan d. Petunjuk Manfaat yang didapat jika seseorang patuh terhadap norma yang berlaku adalah … a. merasa aman dalam setiap langkah hidupnya b. mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik c. mudah memperoleh segala apa yang diinginkan d. selalu mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu Jelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat Jelaskan macam-macam norma yang ada di masyarakat! Sebutkan sumber-sumber norma dalam masyarakat! Jelaskan sanksi pelanggaran norma –norma masyarakat! Berikan contoh norma dalam kehidupan masyarakat Berikan contoh norma dalam kehidupan Berbangsa Berikan contoh norma dalam kehidupan bernegara | 8 x 40’ | Buku teks, Buku pengayaan , Contoh norma UUD 1945 Tokoh masyarakat artikel/berita di media massa, dan lain-lain | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.2. Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara | · Pengertian hukum · Pembagian hukum menurut bentuk, sifat dan isinya. · Penting-nya norma hukum dalam kehidupan bermasya-rakat · Tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara · Tugas penegak hukum di negara RI · Macam-macam peradilan · Kepatuh an terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari | Membaca buku dan mendiskusikan pengertian hukum Membaca dan mendiskusikan pembagian hukum menurut bentuk, sifat dan isinya Berdiskusi tentang pentingnya norma hukum dalam kehidupan masyarakat Berdiskusi dan tanya jawab tentang tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara Membaca, menelaah dan mendiskusikan tugas penegak hukum di negara RI dan macam-macam peradilan Mengamati dan mensimulasikan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari | · Menjelaskan pengertian hukum · Menjelaskan pembagian hukum menurut bentuk, sifat dan isinya. · Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasya-rakat · Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara · Menjelaskan tugas penegak hukum di negara RI · Menjelaskan macam-macam peradilan · Menunjuk-kan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Non tes | Tes Pilihan ganda Tes uraian Tes Pilihan ganda Tes Pilihan ganda Tes Pilihan ganda Tes Uraian Observasi | Perhatikan pernyataan berikut! a. peraturan mengenai tingkah laku dalam pergaulan b. dibuat oleh badan-badan resmi c. bersifat memaksa d. peraturan tertulis e. bagi yang melanggar mendapat sanksi tegas Da Dari pernyataan di atas, unsur-unsur pengertian hukum ditunjukkan nomor…. c. 1, 2, 3 dan 4 c. 1, 2, 4 dan 5 d.1, 2, 3 dan 5 d. 2, 3, 4 dan 5 Jelaskan Pembagian hukum menurut bentuk, sifat dan isinyas! Pentingnya mentaati hukum yang berlaku dalam masyarakat adalah .... a. terwujudnya harga diri manusia yang hakiki b. tercipta ketertiban dan ketenteraman c. terbinanya kebahagiaan hidup masyarakat d. terjaminnya kehidupan masyarakat dengan baik Salah satu tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara dalah….. a. melindungi warga masyarakat b. menjamin hak-hak asasi manusia c. menegakkan keadilan dan kebenaran d. mewujudkan kesejahteraan masyarakat Alat kekuasaan negara di pengadilan yang bertugas sebagai penuntut umum adalah .... a. hakim c. jaksa b. panitera d. Polisi Jelaskan macam-macam peradilan di negara RI Observasi dan buatkan laporan tentang jenis kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari. Aspek-aspek yang dinilai : 1. Ketepatan mengumpulkan tugas 2. Kerapihan 3. Isi atau materi yang dilaporkan 4. Sumber data jelas | 8 x 40’ | Buku teks, contoh UU,PP, atau Perda, artikel/berita di media massa, dan lain-lain | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.3 Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat dan peratur-an yang ber-laku dalam kehidupan bermasyara-kat, ber-bangsa dan bernegara | · Penerap an norma , kebiasa an dan adat istiadat yang berlaku dalam masya-rakat · Norma, kebiasaan, adat, dalam kehidupan masya-rakat. · Peraturan yang berlaku dalam hidup bermasya-rakat. · Contoh perilaku yang sesuai dengan norma dalam hidup berbang-sa dan bernega-ra · Contoh adat dan kebiasa-an dalam hidup bermasya-rakat. | Mengamati, Mensimulasikan Penerapan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat Mengamati dan Mensimulasikan Norma, kebiasaan, adat, dalam kehidupan masyarakat. Mengarmati dan mensimulasikan Peraturan yang berlaku dalam hidup bermasyarakat. Mengamati, dan mendemontrasikan Contoh perilaku yang sesuai dengan norma dalam hidup berbangsa dan bernegara Mengamati, dan mendemontrasikan contoh adat dan kebiasaan dalam hidup bermasyarakat. | · Perlunya penerapan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat · Menghormati norma, kebiasaan, adat, dalam kehidupan masyarakat. · Mematuhi peraturan yang berlaku dalam hidup bermasya-rakat. · Memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma dalam hidup berbangsa dan bernegara . · Memberikan contoh adat dan kebiasaan dalam hidup bermasyarakat. | Proyek Non Tes Non tes Non Tes Non tes | Penugasan Pengamatan Pengamatan Pengamatan Pengamatan | Observasi dan buatkan laporan tentang jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalnya, dan berikan komentar.. Aspek-aspek yang dinilai : 1. Ketepatan mengumpulkan tugas 2. Kerapihan 3. Isi atau materi yang dilaporkan 4. Sumber data jelas Penilaian sikap melalui pengamatan (Instrumen terlampir ).
Penilaian perilaku melalui pengamatan (Instrumen terlampir ).
Penilaian perilaku melalui pengamatan (Instrumen terlampir ).
Penilaian sikap dan perilaku melalui pengamatan upacara adat di masyarakat (a.l upacara perkawinan) | 4 x 40’ | Buku teks, contoh norma, Tokoh agama, tokoh adat, Ketua RT/RW Orang tua |
SILABUS
Sekolah : SMP................................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.1Menjelas-kan makna proklamasi kemerdeka-an | · Ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah Tahun 1908. · Penderitaan rakyat pada masa penjajahan. · faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya · Arti kemerdeka-an bagi suatu bangsa · Pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdeka-an | Membedakan ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah Tahun 1908. · Membaca, dan mendiskusikan penderitaan rakyat pada masa penjajahan, · Membaca, dan mendiskusikan faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya · Mendiskusikan Arti kemerdekaan bagi suatu bangsa Mendiskusikan Pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan | · Menguraikan ciri-ciri perjuangan bangsa Indo nesia sebelum dan sesudah Tahun 1908. · Menjelaskan penderitaan rakyat pada masa penjajahan. · Menjelaskan faktor-faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya · Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa · Menjelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan | Tes lisan Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Daftar pertanyaan Tes Pilihan ganda Tes Uraian Tes Pilihan ganda Tes Uraian | Sebutkan perbedaan ciri-ciri perjuangan yang dilakukan sebelum dan sesudah tahun 1908 dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia! Pernyataan : 1. Rakyat tidak dapat menentukan masa depannya 2. terjadi kemiskinan dan kelaparan 3. kesempatan menikmati pendidikan 4. rakyat disuruh kerja paksa Dari pernyataan di atas pada masa penjajahan penderitaan yang dialami oleh rakyat ditunjukkan nomor …. a. 1 , 2 dan 3 c. 1, 3 dan 4 b. 1, 2 dan 4. d. 2, 3 dan 4 Jelaskan faktor-faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memeperjuangan kemerdekaannya ! Arti penting kemerdekaan suatu bangsa adalah .. a. bangsa itu bebas menentukan masa depannya tanpa dipengaruhi bangsa lain b. bebas menentukan negaranya sesuai keinginan pimpinan negaranya c. berhak mengatur pemerintahannya atas bantuan Negara lain d. bebas bekerjasama dengan Negara lain asalkan menguntungkan Jelaskan pentingnya semangat proklamasi kemerdekaan bagi bangsa dalam pembangunan ! | 4 x 40’ | Buku teks, UUD 1945, artikel, nara sumber dll | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.2Mendeskripsi-kan suasana kebatinan konstitusi pertama 2.3.Meng-analisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945 | ·Peristiwa Rengas Dengklok ·Peristiwa perumusan naskah proklamasi ·Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia ·Suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Hubungan proklamasi kemerdeka-an dengan Pembukaan UUD 1945. | Membaca , mendiskusikan Peristiwa Rengas Dengklok, Membaca , mendiskusikan Peristiwa perumusan naskah proklamasi Mendiskusikan Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia Membaca dan menelaah suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Membaca dan menelaah hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945 Membaca, menelaah dan mendiskusikan Hubungan proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945. | ·Menjelaskan peristiwa Rengas Dengklok ·Menjelaskan peristiwa perumusan naskah proklamasi ·Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia ·Mengjelas-kan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Menjelaskan hubungan proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945. | Penugas-an Tes tulis Tes lisan Tes tulis Tes tertulis | Tugas rumah uraian Tes Pilihan ganda Daftar pernyataan Tes Uraian Tes Uraian | Buatkan rangkuman , Peristiwa Rengas Dengklok ! Jelaskan peristiwa perumusan naskah proklamasi ! Proklamasi kemerdekaan RI memiliki arti penting sebagai …. a. pangkal pelaksanaan pembangunan disegala bidang b. titik puncak perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan c. akhir menangani suatu masalah bangsa Indonesia d. akhir pelaksanaan hukum internasional Perhatikan pernyataan berikut ! 1.Terjadi perdebatan sengit antara 2.Suasana pertemuan akrab dan penuh 3. Adanya intervensi pemerintah Jepang Dari pernyataan di atas suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 digambarkan oleh nomor.... a. 1 dan 2 c. 2 dan 3 b. 1 dan 3 d. 1, 2 dan 3 Uraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 8-8-1945! Jelaskan hubungan proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945 ! | 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan Nara sumber | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.4 Menunjukkan sikap positif terha dap makna prok -lamasi kemerde- kaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama | ·Sikap setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI ·Contoh cara menghargai para pahlawan ·Perilaku untuk meneladani sikap-sikap yang dimiliki para pahlawan ·Sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdeka-an RI. | ·Mensimulasikan sikap setia kepada · Mengamati dan mensimulasikan Contoh cara menghargai para pahlawan ·Mengamati dan mensimulasikan perilaku untuk meneladani sikap-sikap yang dimiliki para pahlawan Mengamati dan mensimulasikan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI | ·Menerapkan sikap setia kepada Proklamasi Kemerdeka-an RI ·Menunjukan contoh cara menghargai para pahlawan ·Menunjukkan perilaku untuk meneladani sikap-sikap yang dimiliki para pahlawan ·Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI. | Non tes Non tes Non tes Non tes | Daftar Ceklist Pengamatan Pengamatan Pengamatan | Petunjuk! Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan: Ya= sependapat dengan pernyataan ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif) Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif) Penilaian sikap melalui pengamatan (Instrumen terlampir ).
Penilaian perilaku melalui pengamatan (Instrumen terlampir ).
Penilaian sikap melalui pengamatan (Instrumen terlampir ).
| 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan Dokumenta si berupa poto-poto sidang PPKI |
Mengetahui ........................................
Kepala SMP .... Guru mata pelajaran
.................................. ........................................
SILABUS
Sekolah : SMP................................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM | · Pengerti-an HAM · Sejarah perjuangan HAM · Dasar hukum penegakkan HAM di Indonesia · Lembaga perlindu-ngan HAM · Latar belakang lahirnya per-undang-undangan HAM nasional · Menunjukkan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang HAM · Menjelas-kan berbagai instrumen HAM | · Membaca dan mendiskusikan materi tentang Pengertian HAM, · Membaca dan mendiskusikan materi sejarah perjuangan HAM, · Membaca dan mendiskusikan dasar hukum penegakkan HAM di Indonesia · Membaca dan mendiskusikan lembaga perlindungan HAM, · Membaca dan mendiskusikan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional · Membaca, menelaah pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang HAM · Membaca, menelaah berbagai instrumen HAM | · Menjelaskan pengertian HAM · Menjelaskan sejarah perjuangan HAM · Menjelaskan dasar hukum penegakkan HAM di Indonesia · Menunjuk-kan lembaga perlindungan HAM Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional · Menunjuk-kan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang HAM · Menjelaskan berbagai instrumen HAM | Tes lisan Penugasan Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Daftar pertanyaan Tugas rumah Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda | Jelaskan pengertian HAM Buatkan rangkuman sejarah perjuangan HAM Undang-undang RI yang mengatur tentang Hak Azasi Manusia adalah …. a. UU No. 8 Tahun 1981 b. UU No. 5 Tahun 1998 c. UU No. 39 Tahun 1999 d. UU No. 26 Tahun 2000 Lembaga perlindungan HAM yang melindungi korban tindak kekerasan dan orang hilang adalah …. a. Komnas Ham c. Kontras b. LBH d. PBHI Berikut ini yang tidak termasuk latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM Nasional, adalah …. a. melaksanakan kewajiban yang diatur dalam UUD 1945 b. adanya konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang HAM c. disebabkan oleh perilaku tidak adil dan diskriminatif d. peraturan perundangan yang ada sudah tidak berlaku lagi Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 mengatur tentang …. a. hak azasi manusia b. pengadilan hak azasi manusia c. hak dan kewajiban warga Negara d. kebebasan berserikat dan berkumpul Sarana pengakkan HAM : 1. Pancasila 2. UUD 1945 3. Tap MPR No. XV Th. 1998 4. UU No. 39 Tahun 1999 5. UU No. 26 Tahun 2000 6. Peraturan Pemerintah No. 2 Th. 2002 Instrumen Hak Azasi Manusia di Negara RI ditunjukkan nomor …. a. 1, 2, 3, dan 5 c. 1, 2, 5, dan 6 b. 1, 2, 4, dan 5 d. 2, 3, 5, dan 6 | 4 X 40 | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Piagam HAM, UU no.39 th 1999 ttg HAM | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2 Mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakkan HAM | · Contoh pelanggaran HAM · Pelanggaran HAM di lingku-ngan keluarga, sekolah dan masya-rakat. · Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia · Cara-cara penanganan pelanggaran HAM | Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggar an HAM di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggar an HAM di Indonesia dan cara penanganan pelanggaran HAM serta peranan lembaga perlindungan HAM | · Memberikan contoh pelanggaran HAM · Menunjukan contoh pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. · Menunjuk-kan contoh kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia · Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM | Tes lisan Tes tertulis Tes tertulis Penuga san | Daftar Pertanyaan Pilihan ganda Pilihan ganda Tugas Proyek | 1. Apa yang dimak sud dengan pelanggaran HAM? 2. Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, sekolah dan lingkungan tempat tinggal kalian! Berikut ini yang termasuk contoh pelanggaran HAM dilingkungan keluarga adalah.... a. orangtua memberikan uang saku yang sama kepada anaknya b. ibu melarang anak menonton TV disiang hari c. orangtua membagi tugas rumah kepada anak-anaknya d. orangtua meminta pendapat anaknya untuk acara liburan keluarga Berikut ini yang tidak termasuk contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia adalah.... a. kasus pembunuhan Marsinah b. terbunuhnya aktivis HAM Munir c. penganiayaan TKI di Malaysia d. penembakan mahasiswa Trisakti Tugas : Mengunjungi atau mewawancarai anggota kepolisian setempat tentang uapaya yang dilakukannya dalam rangka penanganan pelanggran HAM di wilayahnya | 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Piagam HAM, UU no.39 th 1999 ttg HAM, Media massa Aparat kepolisian | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3 Menghargai upaya perlindungan HAM | · Peranan lembaga perlindu-ngan HAM · Pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM | Mendiskusikan peranan lembaga perlindungan HAM Membaca, menelaah, mendiskusikan dan membuat laporan tentang pasal-pasal UUD 1945 hasil perubahan yang memuat kandungan Hak Asasi Manusia | · Mengurai-kan peranan lembaga perlindungan HAM · Menyebut-kan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Pilihan Ganda | Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga perlindungan HAM di bawah ini! a. Komnas Hak Asasi Manusia b. Lembaga Bantuan Hukum Indonesia c. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekersan Hak azasi manusia dalam UUD 1945 diatur dalam pasal .... a. 26-30. b. 27-29. c. 28A-28J d. 34-37. | 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Piagam HAM, UU no.39 th 1999 ttg HAM, Komnas HAM YLBHI Kontras LSAM | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4 Menghargai upaya penegakkan HAM | · Sikap positif terhadap upaya penegak-kan HAM diwila-yahnya · Sikap positif terhadap upaya penegak-kan dan perlindu-ngan HAM di wilayah-nya | Mengamati , mencermati dan mensimulasikan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal Mengamati , mencermati dan mensimulasikan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal | · Menunjuk-kan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya · Menampil-kan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya | Non Tes Non Tes | Skala sikap Pengamatan | Petunjuk! Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan: SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif ) S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 ) TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif ) STS = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) Penilaian sikap melalui pengamatan (Instrumen terlampir ).
| 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Piagam HAM, UU no.39 th 1999 ttg HAM, Media massa Anggota kepolisian Tokoh masyarakat |
SILABUS
Sekolah : SMP................................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEK NIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemuka-kan pendapat | · Pengertian kemerdekaan mengeluarkan pendapat · Perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat · Bentuk-bentuk penyampaian pendapat dimuka umum · Tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar · Akibat pem batasan kemerdekaan mengemu-kakan pendapat · Konse-kuensi kebebasan mengemu-kakan pendapat tanpa batas | Membaca, dan mendiskusikan, tentang pengertian kemerdekaan mengeluarkan pendapat Membaca, dan mendiskusikan, tentang perudang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluaarkan pendapat. · Mengamati dan mendiskusikan bentuk-bentuk penyampaian pendapat dimuka umum · Mengamati dan mendiskusikan tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar Mendiskusikan, ten tang akibat pembatasan, kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Mendiskusikan konsekwensi kebebasan mengeluarkan pendapat tanpa batas. | · Menjelaskan pengertian kemerdekaan mengeluarkan pendapat · Menyebutkan perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat · Menjelaskan bentuk-bentuk penyampaian pendapat dimuka umum · Menjelaskan tata cara mengemuka-kan pendapat secara baik dan benar · Menjelaskan akibat adanya pembatasan kemerdekaan mengemuka-kan pendapat · Menjelaskan konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tertulis Tes lisan Tes lisan | Tes uraian Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan Ganda Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan | Jelaskan apa yang dimaksud dengan kemerdekaan mengeluarkan pendapat ! Amir ikut serta menjadi anggota suatu organisasi dan berkumpul untuk mengeluarkan pikiran secara lisan dan tulisan hal tersebut dijamin dalam UUD 1945 pasal …. a. 27 c. 30 b. 28 d. 31 Bentuk-bentuk penyampaian pendapat dimuka umum adalah …. a. unjuk rasa ,pawai, diskusi, rapat umum b. pawai, unjuk rasa, rapat umum , mimbar bebas c. dialog, demontrasi, pawai , rapat d. ceramah, dialog, unjuk rasa, pawai. Salah satu cara seseorang dalam mengeluarkan pendapat adalah dengan berserikat yaitu…. a. bersama-sama mengememukakan sesuatu melalui organisasi b. mengemukakan pendapat berkumpul dalam suatu tempat c. menyaipaikan pendapat melauli sebuah perwakilan d. berkumpul bersama dalam acara mimbar bebas. Jelaskan apa akibatnya adanya pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat Jelaskan apa konsekwensinya mengemu kakan pendapat tanpa batas | 8 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Media massa UU Parpol Tokoh masyarakat | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemuka-kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | ·Alasan menge-mukakan pendapat harus dilandasi kebebasan yang bertang- gung jawab ·Menjelaskan tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum ·Tata cara mengemu-kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab · Tatata cara mengeluarkan pendapat dimuka umum | · Mendiskusikan alasan mengemukakan pendapat harus dilandasi kebebasan yang bertanggung jawab Mendiskusikan tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum · Membaca dan menelaah tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab Menelaah tata cara mengeluarkan pendapat di muka umum | ·Menjelaskan alasan mengemuka-kan pendapat harus dilandasi kebebasan yang bertanggung jawab ·Menjelaskan tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum · Menjelaskan tata cara mengemuka-kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab · Menjelaskan tata cara mengeluarkan pendapat dimuka umum | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda Pilihan Ganda Pilihan Ganda | Berikut ini yang tidak termasuk kebebasan yang bertanggungjawab dalam mengeluarkan pendapat adalah ... a. menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa b. menjaga keamanan dan ketertiban c. menjaga kepen tingan kelom pok/etnis tertentu d. menghormati hak dan kebebasan orang lain Pernyataan : 1. Meningkatkan kesejehteraan 2. Mewujudkan kebebasan yang bertanggungjawab 3. Mewujudkan perlindungan hukum 4. Mewujudkan iklim yang kondusif Dari pernyataan di atas, yang termasuk tujuan pengaturan kemerdekaan mengeluarkan pendapat dimuka umum ditunjukkan nomor… a. 1, 2 dan 3 c. 1, 3 dan 4 b. 1, 2 dan 4 d. 2, 3 dan 4 Dalam menyampaikan pendapat yang perlu ditonjolkan adalah etika antara lain …. a. kemampuan untuk berbicara b. gagasan dan ide yang cemerlang c. semangat untuk mempengaruhi orang lain d. berbicara sopan dan santun Tata cara penyampaian pendapat di muka umum antara lain selambat-lambatnya 3 x 24 jam sebelum pelaksanaan sudah memberitahukan kepada …. a. Polri setempat secara tertulis b. TNI yang bertugas di wilayahnya c. Aparat pemerintah secara resmi d. Organisasi yang ada di atasnya secara tertulis | 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Media massa UU Parpol Tokoh masyarakat | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.3Mengaktuali-sasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | · Sikap positif terhadap pengguna-an hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan ber-tanggung jawab · Kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah, masyarakat secara bertanggungjawab | · Mengamati, mensimulasikan, dan mempraktekan Kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah, masyarakat secara bertanggungjawab | · Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab · Menerapkan kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah, masyarakat secara bertanggungjawab | Non tes Non Tes | Skala sikap Pengamatan | Petunjuk! Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan: SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif ) S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 ) TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif ) STS = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) Penilaian perilaku melalui pengamatan (Instrumen terlampir ).
| 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Media massa UU Parpol Tokoh masyarakat |
Mengetahui ........................................
Kepala SMP .... Guru mata pelajaran
.................................. ........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar